Senin, 04 Februari 2013

KESEPIAN TURUNKAN IMUN KITA


Kesepian tak hanya buruk secara psikologis, namun juga berdampak negatif bagi kesehatan fisik. 


NY Daily News(22/01)
Sebuah penelitian terakhir menunjukkan bahwa rasa kesepian bisa merusak sistem kekebalan tubuh dan kemampuan tubuh untuk mengatasi stres.


Percobaan pertama.Dari para ahli di Ohio State University yang telah meneliti dari 200 pasien kanker payudara berusia 51 tahun,dengan mengambil darah pasien untuk menemukan antibodi terhadap dua jenis virus herpes.

Banyak terdapat di tubuh warga Amerika Serikat,virus ini bisa aktif setiap orang tersebut mengalami stres.
Hasilnya, peneliti menemukan bahwa partisipan yang merasa kesepian memiliki tingkat antibodi yang lebih tinggi terhadap satu virus, namun juga diketahui mengalami rasa sakit, depresi, dan rasa lelah yang lebih sering dan parah.


Percobaan kedua.dilakukan dari 144 pasien yang mengalami obesitas.Para partisipan dihadapkan pada keadaan yang membuat mereka stress.

Dari percobaan ini,ditemukan partisipan yang merasa kesepian cenderung terjadi peradangan yang lebih tinggi yang berkaitan dengan diabetes,penyakit jantung.

Penemuan ini menyimpulkan bahwa rasa kesepian yang lama membuat seseorang rentan terkena berbagai penyakit.Maka tangkal rasa kesepian dengan cara salah satunya dengan menjalin komunikasi dengan orang-orang disekitar kita atau isi dengan kegiatan-kegiatan positif.Dan yang pasti dekatkan diri dengan Tuhan YME.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar